Saturday, March 25, 2017

Installasi Webmin di Server

A. Pengertian

Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk Unix-seperti sistem, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows. Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL .

B. Latar Belakang

Agar saya bisa mengetahui setting administrasi sistem linux dengan berbasis web, sehingga nantinya saya bisa menggunakan modecli dan juga dengan berbasis web.

C. Maksud dan Tujuan 

Tujuan saya installasi webmin adalah agar saya bisa mengetahui tentang webmin, fitur-fitur yang tersedia di webmin serta saya menerapkannya secara langsung ke server serta sharing kepada teman - teman tentang konfigurasi webmin.

D. Alat dan Bahan

  • Server
  • PC/Laptop
  • Akses Internet
  • Software webmin

E. Jangka Waktu yang Dibutuhkan

 Jangka waktu yang saya butuhkan sekitar 2-5 menit

F. Tahap Pelaksanaan

  • Pertama pastikan anda sudah punya software webmin, misalkan saya menggunakan webmin_1.831 dengan format deb, anda bisa download di website resminya dan sesuaikan dengan spesifikasi perangkat komputer anda
  • Setelah anda memiliki file webmin.deb sekarang anda coba install dependensi packetnya agar webmin menjadi lebih lengkap, dengan cara memasukan perintah
  • Setelah installasi dependensi sekarang anda install webmin dengan cara sebagai berikut

  • Nah sekarang coba buka browser dengan url yang tertera di login to https://fajar.net:10000/
 





G. Kesimpulan

Jadi webmin adalah setting administrasi system versi gui yang bisa digunakan jika anda ingin konfigurasi berbasis web

H. Referensi

Load disqus comments

0 comments