Monday, March 27, 2017

Mengenal PuTTY

 

Pengertian
PuTTY adalah gratis dan open-source terminal emulator , konsol serial dan transfer file aplikasi jaringan. Ini mendukung beberapa protokol jaringan , termasuk SCP , SSH , Telnet , rlogin , dan koneksi soket mentah. Hal ini juga dapat terhubung ke port serial . Nama "Putty" tidak memiliki makna definitif.

Putty awalnya ditulis untuk Microsoft Windows , tetapi telah porting ke berbagai lain sistem operasi . Port resmi tersedia untuk beberapa Unix-seperti platform, dengan port kerja-in-progress untuk klasik Mac OS dan MacOS , dan port resmi telah berkontribusi untuk platform seperti Symbian, Windows Mobile dan Windows Phone

Fitur - Fitur
Putty mendukung banyak variasi pada terminal jarak jauh yang aman, dan memberikan pengguna kontrol atas SSH kunci enkripsi dan protokol versi, cipher alternatif seperti 3DES , arcfour , Blowfish , DES , dan Public-key otentikasi. Hal ini juga dapat meniru urutan kontrol dari xterm , VT102 atau ECMA-48 terminal emulasi , dan memungkinkan lokal, jarak jauh, atau dinamis port forwarding dengan SSH (termasuk X11 forwarding). Lapisan jaringan komunikasi mendukung IPv6 , dan protokol SSH mendukung zlib@openssh.com tertunda skema kompresi. Hal ini juga dapat digunakan dengan koneksi port serial lokal.

Putty dibundel dengan baris perintah SCP dan SFTP klien, yang disebut "pscp" dan "psftp" masing-masing, dan Plink, alat koneksi command-line, yang digunakan untuk sesi non-interaktif.

Sejarah
Pengembangan Putty tanggal kembali ke akhir 1998, dan itu telah menjadi digunakan SSH-2 klien sejak Oktober 2000.

Konponen
PuTTY terdiri dari beberapa komponen :
  • PuTTY : Telnet, rlogin, dan SSH client itu sendiri, yang juga dapat terhubung ke port serial
  • Pscp : SCP Client, yaitu baris perintah copy file aman
  • Pstfd : SFTP Client, yaitu sesi transfer file umum seperti FTP
  • PuTTYtel : Client telnet satu-satunya
  • Plink : baris perintah antarmuka ke putty kembali berakhir
  • Pageant : agen otentifikasi SSH untuk Putty, Pscp dan plink
  • PuTTYgen : sebuah RSA, DSA, ECSDA dan EdsDSA kunci utilitas generasi
  • pterm : terminator emulator mandiri
Referensi 
https://en.wikipedia.org/wiki/PuTTY
Load disqus comments

0 comments