Tuesday, March 21, 2017

Mengenal Webmail

A. Pengertian

Webmail (atau email berbasis web) adalah setiap klien email diimplementasikan sebagai aplikasi web yang berjalan pada web server . Contoh software webmail yang Roundcube dan SquirrelMail . Contoh penyedia webmail adalah AOL Mail , Gmail , Outlook.com/Hotmail.com dan Yahoo! Mail .Banyak penyedia webmail juga menawarkan akses email dengan desktop client email menggunakan protokol email standar, sementara banyak penyedia layanan internet menyediakan klien webmail sebagai bagian dari layanan email termasuk dalam paket layanan internet mereka.

Seperti halnya aplikasi web, Keuntungan utama webmail atas penggunaan desktop klien email adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email mana saja dari browser web.Kerugian utama adalah kebutuhan untuk terhubung ke Internet ketika menggunakannya. Perangkat lunak lain juga ada untuk mengintegrasikan bagian dari fungsi webmail menjadi OS (misalnya membuat pesan langsung dari aplikasi pihak ketiga melalui MAPI ).

B. Sejarah

Pelaksanaan Web Mail pertama dikembangkan di CERN pada tahun 1993 oleh Phillip Hallam-Baker sebagai ujian dari stack protokol HTTP. Hal ini menyebabkan penemuan bahwa spesifikasi metode POST sudah rusak, membutuhkan pengenalan header Content-Length. CERN-PTG daemon dirilis akhir tahun itu, tetapi tidak dikembangkan lebih lanjut.
Pada hari-hari awal web, pada tahun 1994 dan 1995, beberapa orang yang bekerja pada memungkinkan email untuk diakses melalui web browser. Di Eropa, ada tiga implementasi, Søren Vejrum 's "WWW Mail", Luca Manunza ' s "WebMail", dan Remy Wetzels ' "WebMail", sedangkan di Amerika Serikat , Matt Mankins menulis "WebEx".Tiga dari aplikasi ini awal yang perl script yang termasuk kode sumber penuh tersedia untuk di-download. Versi Remy Wetzels 'adalah program CGI yang ditulis dalam C di Unix . 

Pada tahun 1994, Bill fitler, sementara pada Lotus cc: Mail di Mountain View, California, mulai bekerja pada sebuah implementasi dari email berbasis web sebagai program CGI yang ditulis dalam C pada Windows NT , dan menunjukkan secara terbuka di Lotusphere pada 24 Januari 1995 .

Søren Vejrum ini "WWW Mail" ditulis ketika ia belajar dan bekerja di Copenhagen Business School di Denmark, dan dirilis pada tanggal 28 Februari 1995.Luca Manunza ini "WebMail" ditulis ketika ia bekerja di CRS4 di Sardinia, dengan rilis sumber pertama pada tanggal 30 Maret 1995.Remy Wetzels ' "WebMail" ditulis sementara ia belajar di Eindhoven University of Technology di Belanda untuk DSE dan dirilis awal Januari, 1995. di Amerika Serikat, Matt Mankins, di bawah pengawasan Dr Burt Rosenberg di University of Miami , merilis "WebEx" kode sumber aplikasi di posting untuk comp.mail.misc pada 8 Agustus 1995, meskipun telah digunakan sebagai aplikasi email utama di Sekolah Arsitektur di mana Mankins bekerja untuk beberapa bulan sebelumnya.

Sementara itu, pelaksanaan webmail Bill fitler ini dikembangkan lebih lanjut sebagai produk komersial yang Lotus mengumumkan dan dirilis pada musim gugur 1995 sebagai cc: Mail for World Wide Web 1.0, sehingga memberikan alternatif cara mengakses cc: penyimpanan pesan Mail (biasa berarti menjadi cc: aplikasi desktop Mail yang dioperasikan baik melalui dialup atau dalam batas-batas jaringan area lokal).

komersialisasi awal webmail juga dicapai ketika "WebEx" -dengan tidak ada hubungannya dengan web conferencing perusahaan-mulai dijual oleh Mankins 'perusahaan, DotShop, Inc, pada akhir tahun 1995. Dalam DotShop, "WebEx" berubah nama untuk "EMUmail", yang akan dijual ke perusahaan seperti UPS dan Rackspace sampai penjualan untuk Accurev pada tahun 2001.EMUmail adalah salah satu aplikasi pertama yang memiliki fitur versi gratis yang termasuk iklan tertanam serta versi berlisensi yang melakukan tidak.

C. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Webmail 
Load disqus comments

0 comments