Thursday, March 23, 2017

Mengenal sofware PBX asterisk

A. Pengertian

Asterisk adalah software implementasi dari telepon private branch exchange (PBX); itu memungkinkan terpasang telepon untuk melakukan panggilan ke satu sama lain, dan untuk terhubung ke layanan telepon lainnya, seperti public switched telephone network (PSTN) dan Voice over Internet Protocol (VoIP) layanan. Namanya berasal dari asterisk simbol, U + 002A * Asterisk.

Asterisk dirilis dengan lisensi ganda Model, menggunakan GNU General Public License (GPL) sebagai lisensi perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak proprietary untuk mengizinkan pemegang lisensi untuk mendistribusikan proprietary , komponen sistem yang tidak dipublikasikan.

Asterisk diciptakan pada tahun 1999 oleh Mark Spencer dari Digium.Awalnya dirancang untuk Linux, Asterisk berjalan pada berbagai sistem operasi , termasuk NetBSD , OpenBSD , FreeBSD , MacOS , dan Solaris , dan dapat diinstal dalam sistem embedded berdasarkan OpenWRT dan flash drive .

 B. Fitur -  Fitur

Perangkat lunak Asterisk mencakup banyak fitur yang tersedia dalam sistem PBX proprietary: pesan suara , panggilan konferensi , respon suara interaktif (menu telepon), dan distribusi panggilan otomatis . Pengguna dapat membuat fungsi baru dengan menulis skrip sambung dalam beberapa bahasa ekstensi Asterisk sendiri, dengan menambahkan modul kustom loadable ditulis dalam C , atau dengan menerapkan Asterisk Gateway Interface (AGI) program menggunakan bahasa pemrograman yang mampu berkomunikasi melalui sistem aliran standar ( stdin dan stdout ) atau dengan soket TCP jaringan.

Asterisk mendukung beberapa standar voice over IP protokol, termasuk Session Initiation Protocol (SIP), yang Media Gateway Control Protocol (MGCP), dan H.323 . Asterisk mendukung sebagian besar telepon SIP, bertindak baik sebagai registrar dan back-to-back agen pengguna, dan dapat berfungsi sebagai gateway antara telepon IP dan public switched telephone network (PSTN) melalui T atau interface E-carrier atau kartu FXO analog. The Inter-Asterisk eXchange (IAX) protokol, RFC 5456, asli Asterisk, memberikan efisien trunking panggilan antara Asterisk PBXes, selain mendistribusikan beberapa logika konfigurasi. Banyak penyedia layanan VoIP mendukungnya untuk panggilan selesai ke PSTN, sering karena mereka sendiri telah dikerahkan Asterisk atau menawarkan sebagai aplikasi host. Beberapa telepon juga mendukung protokol IAX.

Dengan mendukung berbagai layanan telepon tradisional dan VoIP, Asterisk memungkinkan deployers untuk membangun sistem telepon, atau bermigrasi sistem yang ada untuk teknologi baru. Beberapa situs menggunakan Asterisk untuk menggantikan PBXes proprietary, yang lain menyediakan fitur tambahan, seperti voice mail atau menu respon suara, atau virtual toko panggilan , atau untuk mengurangi biaya dengan melakukan panggilan jarak jauh melalui Internet (memotong pulsa).

Selain protokol VoIP, Asterisk mendukung protokol circuit-switching tradisional seperti ISDN dan SS7. Hal ini memerlukan kartu antarmuka perangkat keras yang sesuai, dipasarkan oleh vendor pihak ketiga. Setiap protokol membutuhkan instalasi modul software. Di Asterisk rilis 14 orang codec audio Opus didukung.

C. Produk Turunan Asterisk

Asterisk adalah komponen inti dalam banyak produk komersial dan proyek open-source. Beberapa produk komersial hardware dan software bundel, yang produsen mendukung dan melepaskan perangkat lunak dengan model distribusi open-source.
  • AskoziaPBX, garpu dari m0n0wall proyek, menggunakan software Asterisk PBX untuk mewujudkan semua fungsi telepon.
  • Elastix menggunakan Asterisk, HylaFax, Openfire dan Postfix untuk menawarkan fungsi PBX, faks, instant messaging dan email, masing-masing.
  • FreePBX , open-source antarmuka pengguna grafis, bundel Asterisk sebagai inti dari yang FreePBX Distro.
  • LinuxMCE bundel Asterisk untuk menyediakan telepon; ada juga versi tertanam dari Asterisk untuk OpenWRT router.
  • PBX di Flash / luar biasa PBX dan Trixbox yang PBXes software berdasarkan Asterisk.
Ada juga berbagai add-on produk, sering komersial, yang memperpanjang Asterisk dalam beberapa cara.

Sebagai salah satu contoh, perintah suara standar yang disertakan dengan sistem bebas. Sebuah bisnis dapat membeli pencocokan pengumuman suara nama perusahaan, pilihan menu IVR dan nama karyawan atau departemen (sebagai perpustakaan rekaman live dari nama-nama umum atau satu set perintah sepenuhnya disesuaikan dicatat oleh bakat suara profesional yang sama) di tambahan biaya untuk integrasi ke dalam sistem.

Add-ons lainnya memberikan dukungan faks, text-to-speech, tambahan codec dan fitur baru.Beberapa pihak ketiga add-ons bebas; beberapa bahkan mendukung platform tertanam seperti Raspberry Pi .

D. Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Asterisk_(PBX)
Load disqus comments

0 comments