Monday, February 13, 2017

Manajemen Bandwidth Menggunakan SImple Queue


Pengertian
Manajemen Bandwidth adalah proses mengukur dan mengendalikankomunikasi (lalu lintas,paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi ink ke kapasitas atau overfilling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jarinngan.Manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit/s) atau byte per detik(B/s)

Latar Belakang
Latar belakang manajemen bandwidth adalah setiap komputer terkadang tidak lancar dan kurang stabil saat menggunakan internet secara bersamaan

Maksud dan Tujuan
Tujuan memanajemen bandwidth adalah untuk membagi bandwidth setiap komputer sesuai kebutuhannya sehingga semua komputer dapat menggunakan internet dengan lancar dan stabil walaupun semua unit komputer menggunakan internet dalam waktu yang bersamaan.

Alat dan Bahan

  • Laptop
  • Winbox
  • Mikrotik Router

Jangka Waktu Pelaksanaan
Kurang dari 3 menit

Tahap Pelaksanaan
Pertama Kita buka dulu  ke "Queue"
Kita akan melakukan limitasi maksimal upload : 3 Mb dan maksimal download : 5 Mb terhadap client dengan IP 192.168.88.1 yang terhubung ke Router. Parameter Target Address adalah IP Address dari client yang akan dilimit. Bisa berupa :
Name  : Limitasi Bandwidth
Target : Ethernet 2 ( IP 192.168.88.1)
Penentuan kecepatan maksimum client dilakukan pada parameter target upload dan target download max-limit. Bisa dipilih dengan drop down menu atau ditulis manual. Satuan bps (bit per second).


Dan ini contoh hasil Speed Test di Browser


Kesimpulan
Dengan diaturnya bandwidth setiap komputer maka setiap komputer akan lancar dan stabil

Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/Bandwidth_management
Load disqus comments

0 comments