Friday, February 10, 2017

Konfigurasi Dasar Mikrotik

Pengertian
MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Latar Belakang
Yang melatarbelakangi saya konfigurasi dasar mikrotik karena saya belum tahu konifgurasi dasar mikrotik dengan benar dan belum paham tentang mikrotik , Oleh karena itu saya mempraktekan secara langsung konfigurasi dasar mikrotik.

Maksud dan Tujuan
Tujuan saya konfigurasi dasar mikrotik agar nantinya saya bisa paham tentang mikrotik dan mendalaminya dan membagikan kepada teman-teman

Alat dan Bahan
  • 1 Mikrotik Router
  • 1 Laptop/PC 
  • 2 Kabel RJ45 
  • Dibutuhkan koneksi internet 
  • software winbox 
Jangka Waktu PelaksanaanJangka waktu yang saya butuhkan sekitar 2-3 jam

Tahap Pelaksanaan
Pastikan anda telah membuat topologi ysng direncanakan misalkan saya membuat topologi sederhana seperti berikut ini
Pastikan router sudah terhubung dengan laptop dan ISP Buka aplikasi winbox >Neighbours>refresh>klik mac address>connect


Buka IP>Address>Ethernet 1 ,nah disini ethernet 1 adalh IP yang satu segmen dengan alamat yang diperoleh dari ISP misalkan saya membuat IP Address seperti dibawah ini dan kemudian klik Apply dan OK
Lakukan hal yang sama pada Ethernet 3 dengan IP sesuai keinginan anda
Selanjutnya kita akan setting DNS dengan cara masuk ke IP>DNS misalkan saya masukan DNS telkom seperti dibawah ini kemudian klik Apply dan OK


Kemudian kita masukan IP Routers dengan cara masuk ke IP>Routers karena gateway ISP saya 10.11.12.234/24 maka saya masukan IP tersebut sebagai IP Routers ,kemudian klik Apply dan OK


Kemudian kita masuk ke IP Firewall dengan cara masuk ke IP>Firewall>NAT ,dan kita atur Action masquerade agar bisa menyebarkan akses internet


Kemudian pada Tab Advanced atur out interface menjadi Ethernet 1 atau ethernet yang terhubung ke internet misalkan saya sudah namakan jadi out interface menjadi Internet

Nah semua konfigurasi sudah selesai sekarang Enable kan IP yang sudah diatur di Laptop anda misalkan nama connection laptop saya “Mikrotik” Setelah semua terhubung sekarang anda cek apakah sudah terhubung internet atau belum dengan cara “ping 8.8.8.8” atau “ping google.com” di terminal mikrotik seperti dibawah ini.

Kesimpulan
Setelah berulang-ulang kali saya konfigurasi dasar mikrotik dasar akhirnya saya bisa konfigurasi dasar mikrotik secara benar.Dan saya mengharapkan agar para pembaca dapat mengkonfigurasikan mikrotik dengan benar dan dapat terkneksi ke internet

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik
Load disqus comments

0 comments