Wednesday, April 5, 2017

How to Install Ubuntu 14.04 Server


Pengertian


Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Latar Belakang

Latar Belakang saya install ubuntu adalah nantinya saya akan menginstall zimbra di dalam ubuntu ini.

Maksud dan Tujuan

  • Mengetahui installasi ubuntu server dengan benar]
  • Nantinya saya akan install zimbra di dalam ubuntu ini

Alat dan Bahan

  • File Iso Ubuntu 14.04 server
  • Server
  • PC/Laptop

Jangka Waktu Pelaksanaan

Sekitar 30 menit

Tahap Pelaksanaan

Pertama pastikan OSI Layer pertama sudah terhubung dengan benar
Selanjutnya kita akan masuk ke tampilan awal dan langsung enter saja, Kemudian akan tampil seperti dibawah ini, kali ini saya pakai bahasa Inggris




Selanjutnya akan muncul pilihan "country" tentu kita pilih Indonesia dengan cara pilih " Other > Asia > Indonesia "



Untuk Configure Locales kita pilih "United States...."

Dan untuk configure the keyboard kita pilih jangan detect keyboard " No "

Nah configure the keyboard anda pilih "English (US) > English (US) " dan tunggu beberapa saat



Selanjutnya kita diarahkan untuk konfigurasi Jaringan, Terdapat beberapa pilihan tapi kali ini saya memilih "Configure Network Manually" agar nantinya tidak perlu konfigurasi jaringan lagi. Saya masukan IP Address sesuai kebutuhan saya untuk IP Address terserah anda tapi disarankan untuk prefiknya sesuai kebutuhan anda, Karena prefik 30 dengan jumlah host 2 jadi broadcastnya tidak terlalu lama


Setelah itu kita masukan IP gateway, Nah untuk IP gateway disarankan IP Host yang pertama ataupun IP Host yang terakhir misalkan saya IP Addressnya 192.168.14.2/30 sehingga host pertama yaitu 192.168.14.1 dan host terkahir 192.168.14.3 anda bisa memilih diantara keduanya sebagai ip gateway

Kemudian untuk nameserver merupakan IP Address yang kita buat tadi

Untuk hostname dan domain name terserah anda

Selanjutnya anda harus membuat user account anda sekaligus passwordnya




Kemudian untuk pilihan "Use Weak Paaword" anda bisa pilih "Yes"

Dan untuk pilihan " Encrypt your home directory" anda bisa pilih yes ataupun no tapi saya sarankan anda pilih "No" saja

Selanjutnya akan ada pilihan "Time Zone" saya menggunakan time zone "Jakarta"

Untuk Partisi method saya pilih "Guided - Use entire disk and set up LVM"

Select disk partition anda pilih yang tersedia disitu

Kemudian untuk "Write the changes......" anda pilihlah "Yes"

Dang langsung enter saja

Tapi untuk pilihan "Write the changes ti disks" anda pilih "No" saja

Selanjutnya untuk pengisian proxy and bisa melewatkan konfigurasi itu, Langsung "Continue"

Kemudian ada pilihan "How do you want to upgrades....." anda bisa pilih "No automatic..."

Untuk pilihan "Choose software to Install saya memilih hanya OpenSSH Server saja

Nah Untuk pilihan grub record anda pilih "Yes"

Setelah itu akan ada finish the installation tentu saja pilih "Continue"


Kesimpulan


Sebaiknya saat installasi kita haru mencari sumber referensi yang terpercaya misalkan ke dokumentasi resminya dan kita haru teliti agar nantinya tidak bermasalah

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu

Load disqus comments

0 comments